Saturday, November 19, 2016

Lebih Baik Pintu Kamar Mandi PVC, Kaca Atau Alumunium ?

Memilih pintu kamar mandi yang tepat memang memerlukan sedikit pengetahuan dari masing-masing jenis pintu yang akan kita gunakan. Berkembangnya dunia arsitektur modern telah membawa perubahan yang cukup signifikan terhadap beberapa material bahan bangunan yang kini tersedia di pasaran, termasuk pada pintu untuk ruangan tempat membersihkan tubuh ini.

Sebelum ditemukannya beberapa bahan alternatif pengganti kayu, semua pintu yang digunakan untuk kebutuhan membangun rumah terbuat dari kayu, termasuk pada pintu kamar mandi. Namun sebagaimana sifat kayu, apabila sering terkena air atau berada di tempat yang lembab maka kekuatannya semakin berkurang bahkan cenderung lebih cepat rusak. Oleh karena itu semakin banyak ilmuwan yang menciptakan material alternatif pengganti kayu untuk pintu kamar mandi.

Berbagai jenis dan model pintu kamar mandi kini sangat mudah didapatkan di toko-toko bahan bangunan sekitar kita, mulai dari yang berstandar pabrikan hingga model yang bisa dipesan secara khusus sesuai dengan kebutuhan dan selera kita. Secara umum jenis pintu tersebut dibedakan berdasarkan bahan yang digunakan untuk membuatnya yakni kayu, alumunium, kaca dan PVC.

Nah untuk menentukan mana yang lebih baik dari jenis pintu kamar mandi PVC, kaca atau alumunium, kami akan mengulas kelebihan dan kekurangannya dari masing-masing bahan tersebut. Namun sebelumnya kami sampaikan bahwa untuk pintu berbahan kayu tidak akan kami bahas pada kesempatan ini, karena secara umum saya anggap Anda sudah mengetahui sifat dan karakteristiknya. Berikut ini ulasannya :

1. Pintu Kamar Mandi PVC (Vinyl)

Bahan PVC (Polivinyl Chlorida) hampir mirip plastik, sifatnya yang ringan, anti korosi dan mempunyai fungsi yang praktis membuatnya semakin banyak digemari oleh masyarakat. Dengan karakteristik tersebut pemasangan pintu kamar mandi PVC ini tergolong lebih cepat dan mudah. 

Lebih Baik Pintu Kamar Mandi PVC, Kaca Atau Alumunium - PVC

Beberapa kelebihan pintu kamar mandi yang terbuat dari PVC adalah bobotnya yang ringan sehingga memudahkan pengguna ketika membuka atau menutupnya. Selanjutnya tentu pintu ini lebih tahan lama karena tidak akan rusak oleh air maupun kelembaban, dari segi harga pintu PVC juga lebih murah dibading jenis pintu kamar mandi lainnya. Untuk urusan model pabrikan juga kini semakin banyak memproduksi model-model baru dengan beragam warna yang mengikuti perkembangan trend interior rumah.

Namun dibalik keunggulan bahan PVC tentunya juga memiliki kelemahan seperti, bagi sebagian orang bobot yang ringan dinilai kurang kuat dan mudah pecah jika terkena benturan benda keras.

2. Pintu Kamar Mandi Kaca

Alternatif lain untuk pintu kamar mandi adalah pintu kaca, jenis pintu ini biasanya sering digunakan oleh bangunan-bangunan hotel maupun apartemen. Dari segi estetika bahan kaca memang terlihat lebih mewah dan ekslusif, selain itu penggunaan pintu kamar mandi kaca pada umumnya digunakan untuk model kamar mandi yang lebih privasi dan  berada di dalam ruangan khusus. Namun jika Anda ingin menngunakannya di rumah tersedia pilihan jenis kaca es yang tidak tembus pandang, sehingga privasi penggunanya tetap bisa terjaga.

Lebih Baik Pintu Kamar Mandi PVC, Kaca Atau Alumunium - Pintu kamar mandi kaca

Kelebihan pintu kamar mandi kaca selain membuat penampilannya terlihat mewah dan elegan yakni membuat ruangan terasa lebih lapang karena pengaruh pantulan cahaya dari kaca itu sendiri dan tidak memperlihatkan sebagai sekat. Kaca juga bisa didekorasi dengan sticker dekoratif untuk menambah nilai keindahannya. 

Sedangkan kekurangannya yakni dari segi bobot memang bisa lebih berat daripada pintu kayu, lalu apabila terkena benturan secara keras dan terdapat bagian yang retak maka akan sulit untuk diperbaiki lagi dan cenderung retakan tersebut akan terus menyebar hingga pecah. Dari segi perawatan pintu kaca juga memerlukan ekstra bahan kimia dalam membersihkannya, karena biasanya kotoran seperti jamu yang sudah lama menempel akan sangat jika dibersihkan dengan air biasa.

3. Pintu Kamar Mandi Alumunium

Jenis pintu kamar mandi lainnya yakni yang terbuat dari alumunium, bahan yang satu ini sudah pasti tahan terhadap air, rayap dan tidak akan terkena korosi. Akhir-akhir ini penggunaan kusen dan pintu dari bahan alumunium memang terus meningkat, seiring dengan kualitas kayu bagus yang semakin langka dan terus melonjak harganya, juga daya tahan alumunium yang lebih awet dan tahan lama daripada bahan kayu maupun PVC.

Lebih Baik Pintu Kamar Mandi PVC, Kaca Atau Alumunium - Pintu kamar mandi alumunium

Kelebihan pintu kamar mandi alumunium selaih lebih awet juga memiliki bobot yang ringan, modelnya bisa didesain sesuai selera bahkan bisa juga dikombinasikan dengan bahan kaca. Dari segi perawatan lebih mudah karena selain mudah dibersihkan, warnanya juga tidak banyak berubah dan tidak akan memerlukan pengecatan ulang.

Kekurangan dari pintu kamar mandi alumunium biasanya terjadinya perubahan presisi yang diakibatkan karena intensitas gerakan pintu, mengingat pengencangan engsel-engsel pintu hanya dilakukan dengan paku sepi yang jika sudah berubah dudukannya maka akan terjadi keausan yang berakibat pintu menjadi longgar atau tidak pas lagi. Selain itu dari segi estetika akan terasa lebih monoton karena hanya tersedia dalam warna yang terbatas.

Itulah ulasan tiga jenis pintu kamar mandi berdasarkan bahan pembuatnya, semoga paparan diatas bisa dijadikan referensi bagi Anda untuk menentukan apakah jenis pintu kamar mandi PVC, kaca atau alumunium yang akan digunakan pada kamar mandi rumah Anda, terima kasih semoga bermanfaat. 

1 comment:

  1. hbis mandi terus pergi ngaca di Meja Rias Lampu Meja Rias lampu ini pasti ganteng dan cantik

    ReplyDelete