Wednesday, November 23, 2016

Cara Mengatasi WC Mampet Dengan Garam Untuk Mencegah Penyumbatan Lebih Serius

Cara mengatasi wc mampet dengan garam merupakan tips sederhana yang mudah dilakukan untuk mencegah timbulnya masalah yang lebih serius pada saluran pembuangan dari kamar mandi.  Jadi jangan dianggap bahwa cara ini bisa langsung menjadi solusi cepat dari masalah saluran WC mampet yang hampir sering dialami oleh setiap pemilik rumah. Penanganan permasalahan saluran WC yang tersumbat juga harus melihat yang menjadi penyebabnya, karena banyak faktor yang biasanya juga terjadi secara tidak terduga.

Penyebab WC mampet bisa disebabkan oleh banyak faktor yang biasanya mengandung unsur ketidaksengajaan alias tidak terduga sebelumnya. Penumpukan kotoran yang tidak bisa terurai di dalam salurannya adalah hal yang sering terjadi di lapangan, bisa juga karena ada barang berukuran besar yang masuk ke dalam pipa sehingga menghambat saluran airnya. Selain itu kejadian-kejadian yang tidak terduga seperti rusaknya pipa saluran karena gempa berkekuatan besar atau dimakan oleh tikus juga bisa terjadi kapan saja.

Cara Mengatasi WC Mampet Dengan Garam Untuk Mencegah Penyumbatan Lebih Serius

Memang cara paling ampuh untuk mengatasi saluran WC yang mampet adalah dengan melakukan perawatan secara rutin dan teratur terhadap lubang dan salurannya. Jangan pernah membuang benda padat ke dalam WC baik itu berupa tissu, kertas, plastik bekas sabun atau shampo apalagi pembalut wanita, karena hal itu bisa dengan cepat membuat saluran WC tersumbat. Nah, cara mengatasi WC mampet dengan garam ini merupakan salah satu metode perawatan jika aliran air WC sudah terlihat sedikit tidak lancar, dengan menggunakan cara ini potensi penyumbatan menjadi lebih rendah karena larutan garam akan menghancurkan kerak-kerak kotoran organik yang menempel pada dinding paralon, keculai kotoran keras seperti sikat gigi, plastik dan pembalut wanita dan sebagainya.

Sebenarnya masih ada lagi bahan lain selain garam yakni soda api, namun kenapa kita pilih garam? selain murah dan merupakan bahan alami, garam juga sangat mudah didapat dan pasti di setiap rumah tersedia sebagai bahan/bumbu untuk masak. Lalu bagaimana caranya? langsung saja kita uraikan langkah-langkahnya di bawah ini :
  • Langkah pertama, siapkan air sebanyak -/+ 5 liter kemudian rebus hingga mendidih di dalam panci.
  • Larutkan garam dapur sebanyak -/+ 0,5 kg ke dalam air hasil rebusan tadi
  • Tunggu selama 3 menit hingga garam benar-benar larut dalam air.
  • Kemudian tuangkan air rebusan yang telah bercampur garam tadi ke dalam lubang WC yang mampet, lalu biarkan selama kurang lebih 2-3 jam (lebih lama lebih baik).
  • Siram lagi saluran WC tersebut dengan air dalam jumlah banyak hingga aliran air benar-benar lancar.

Mudah bukan? kabar baiknya cara ini juga tidak hanya bisa digunakan untuk membersihkan saluran WC yang mampet saja, tetapi bisa juga untuk membersihkan saluran wastafel yang tersumbat, saluran pembuangan tempat pencucian piring yang mandek dan saluran air ledeng/pompa yang mampet karena kotoran-kotoran kecil organik atau lumut yang mengendap. Selamat mencoba, semoga bermanfaat ;)  

No comments:

Post a Comment