Wednesday, November 23, 2016

Kamar Mandi Kecil Yang Ideal Itu Seperti Apa Ya?

Kamar mandi kecil yang ideal tentu harus tetap memperhatikan fungsi dan layout ruangan yang optimal, sehingga aktivitas penggunanya akan tetap merasa nyaman walaupun dengan area terbatas. Pengaturan dan penataan ruangannya tentu tidak harus mengaplikasikan semua fungsi secara lengkap, yang penting fungsi-fungsi utama dari sebuah kamar mandi bisa digabungkan dalam sebuah ruangan berukuran kecil.

Di jaman yang serba modern ini, dengan semakin tingginya harga tanah atau lahan untuk membangun sebuah properti menjadikan kita harus pintar-pintar membuat desain ruangan untuk dapat menunjang aktivitas kehidupan kita sehari-hari. Termasuk dalam membuat desain kamar mandi sebagai bagian ruangan yang sangat vital di dalam sebuah rumah. Ukuran kamar mandi kecil sendiri memang sangat relatif, namun pada umumnya tidak kurang dari 1,5 x 2 meter. Karena jika kurang dari ukuran tersebut akan sulit bagi kita untuk merekayasa layout agar fungsi dari kamar mandi tetap optimal.

Kamar Mandi Kecil Yang Ideal Itu Seperti Apa Ya?

Idealnya kamar mandi mempunyai fungsi utama sebagai tempat membersihkan tubuh, termasuk di dalamnya aktivitas buang air besar dan kecil. Sehingga peralatan sanitair berupa closet duduk atau jongkok menjadi sesuatu yang harus ada di dalam kamar mandi. Selanjutnya yakni perlengkapan untuk membersihkan badan atau mandi itu sendiri, jika jaman dulu orang masih menggunakan gayung untuk mengguyur tubuhnya denag air, maka saat ini sudah berkembang menjadi lebih praktis dengan hadirnya peralatan shower kamar mandi atau bathtub untuk aktivitas berendam.

Untuk sebuah kamar mandi kecil fungsi shower sangat cocok digunakan untuk melakukan aktivitas membilas badan, kelebihan alat mandi yang satu ini selain lebih praktis dan menghemat ruangan tentunya berpengaruh terhadap pemakaian air yang lebih hemat dibanding jika menggunakan gayung. Instalasi shower juga lebih mudah dibanding jika harus memasang bak air atau bathtube. Tentu saja Anda juga jangan berharap untuk bisa memasangkan bathtub di dalam sebuah kamar mandi berukuran terbatas, karena peralatan mandi tersebut bisa menghabiskan hampir lebih dari setengah ruangannya.

Sebetulnya dengan dua fungsi utama di atas sebuah kamar mandi sudah bisa dikatakan ideal, sehingga dengan ruangan kecil pun beberapa peralatan mandi yang praktis seperti closet dan shower sudah bisa terpasang dengan baik. Namun jika masih terdapat lahan kosong, bisa dimanfaatkan untuk area wastafel lengkap dengan cerminnya yang berfungsi sebagai tempat untuk melakukan aktivitas sederhana seperti menyikat gigi atau mencuci muka. Jangan lupa juga untuk menyediakan area untuk menyimpan handuk, baju ganti serta beberapa peralatan mandi lainnya seperti sabun, sikat gigi, odol, shampo dan lain-lain. Hal tersebut bisa ditempatkan dengan memanfaatkan dinding dengan cara digantung atau menggunakan sebuah rak mini agar kamar mandi kecil tersebut tidak dipenuhi lagi dengan perabotan yang bisa membuat ruangan semakin sempit. 

No comments:

Post a Comment